Senin, 06 April 2020

Tutorial Buat Histats Counter di Blogger


Assalamulaikum Wr. Wb.

Jumpa lagi di blognya guru eksis... :)

Pada kesempatan kali ini, guru eksis akan menuliskan tutorial membuat Histats Counter di Blogger, simak ya.

Histats di kalangan blogger sudah dianggap sebagai senjata wajib khususnya sebagai alat pemantau lalu lintas pengunjung termasuk informasi kata kunci yang digunakan pengunjung yang masuk.

Nah, apabila sahabat pintar belum menggunakan Histats tapi ingin mencoba, guru eksis sudah siapkan tutorial di bawah ini agar sahabat pintar bisa mengikutinya dengan mudah.

1. Buka web Histats di www.histats.com atau langsung klik tautan ini. Setelah berada di web Histats klik tombol Register.


2. Di halaman ini isilah data-data yang diminta dengan benar, setelah diisi semua klik tombol Register di bagian bawah halaman.



3. Selanjutnya konfirmasi pendaftaran dengan mengklik link di email yang sahabat pintar gunakan mendaftarkan akun di Histats. Setelah itu cobalah login dengan email dan kata sandi yang baru saja sahabat pintar buat, kemudian temukan menu Add a website dan klik.






4. Di langkah ini silahkan masukkan alamat web atau blog sahabat pintar, pilih bahasa, zona waktu dan kategori web/blog.

5. Masih di halaman yang sama, isi title dengan judul blog dan description dengan deskripsi singkat, tidak harus sama dengan judul blog sahabat pintar. Pilih juga opsi siapa yang bisa melihat statistik, hanya sahabat pintar atau publik lalu klik Continue apabila semua form sudah diisi.
 



6. Apabila berhasil ditambahkan, maka alamat blog yang ditambahkan akan muncul di daftar blog, lanjutkan dengan mengklik blog tersebut.



7. Berikutnya klik Counter CODE. Counter code adalah sederetan kode yang sahabat pintar butuhkan agar kotak statistik dapat ditampilkan di blog. Kode ini juga dibutuhkan oleh Histats untuk mencatat setiap pengunjung dan informasi lainnya.



8. Di sini sahabat pintar bisa lihat belum ada counter code blog sahabat pintar, untuk membuatnya klik add new counter.



9. Pilih tipe counter yang sahabat pintar inginkan, ada beberapa pilihan yang dapat sahabat pintar gunakan sesuka hati. Jika ada yang menurut sahabat pintar menarik, klik tipe counter tersebut.



10. Kemudian tentukan informasi apa yang akan ditampilkan di counter tersebut, ada 5 informasi yang dapat dilihat oleh publik. Biasanya informasi ini akan tampil secara bergantian tergantung jumlah data yang tadi sahabat pintar pilih di langkah sebelumnya. Boleh sahabat pintar centang semua, boleh beberapa dan jika sudah selesai klik tombol Save untuk menyimpan pengaturan.


11. Saat pengaturan sudah disimpan oleh sistem, sahabat akan dihantarkan ke halaman counter. Di sebelah kiri layar sahabat pintar dapat melihat sebuah kode counter id, klik deretan angka tersebut, maka akan muncul sebuah jendela Counter Code baru di bagian bawah kolom Counters.




12. Untuk menambahkan kode tersebut ke blogger, klik Layout kemudian klik Add a Gadget setelah itu klik HTML/JavaScript. 





13. Lalu salin kode counter dari Histats ke kolom yang disediakan lalu terakhir klik tombol Save. 


14. Selesai, sekarang sahabat pintar sudah berhasil menambahkan Histats Counter ke blogger.



Good luck! :)

Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar. 

Artikel ini bersumber dari dailysocial.id dengan sedikit perubahan kata-kata. 

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
banner

Delivered by FeedBurner